Friday, August 31, 2012

Wirausahawan Sejati

WIRAUSAHAWAN SEJATI


Definisi apakah yang cocok dengan kata kewirausahaan? Apa yang ada dalam pikiranmu mengenai kewirausahaan? Menurut saya, kewirausahaan adalah suatu proses pengembangan tentang apa yang menjadi visi kita ke depan. Itu adalah suatu proses saat di mana kita melakukan misi-misi. Misi-misi itu bisa berupa mencari peluang, inovasi, dan segala hal yang membuat kita lebih berkembang atas potensi yang kita miliki.
Menjadi wirausahawan itu bisa dikatakan sulit juga bisa mudah. Apabila kita fokus, sungguh-sungguh, dan ulet dalam melakukan sesuatu, saya yakin kita akan berhasil. Tidak ada di dunia ini yang tidak mungkin karena jika kita melihat dunia luar dan mencari pengalaman, tentu selalu ada peluang kita menjadi seorang sukses.

Mungkin, kamu berfikir seorang wirausahawan membutuhkan pendidikan yang tinggi. Tetapi saya pikir itu tidak. Seperti yang saya katakan tadi bahwa yang dibutuhkan seseorang untuk berhasil itu adalah keuletan dan etos kerja yang tinggi. Selain itu kita juga harus selalu inisiatif dan proaktif. Jangan menunggu apa yang akan terjadi, namun segeralah bertindak untuk membuat suatu kejadian nanti yang sesuai kita inginkan. Jangan takut mengambil resiko. Lakukan yang terbaik yang kita bisa. Tetap fokuskan orientasi pada prestasi.
Akan tetapi lebih baik juga kita mempunyai pendidikan. Menurut saya pendidikan adalah hal terpenting dalam kehidupan karena dengan pendidikan kita akan menjadi orang yang intelektual dan mempunyai integritas yang tinggi sehingga bisa lebih menunjang untuk kita berhasil dalam mencapai sesuatu.
 Pengusaha yang sukses selalu ingin mengejar prestasi yang lebih baik dari sebelumnya. Jangan menunda-nunda pekerjaan yang sudah kita rencanakan sejak awal. Jika kita menunda-nunda, pekerjaan akan menumpuk. Lakukan pekerjaan yang harus dikerjakan sekarang karena besok masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan.
Ingat, dalam melakukan segala hal junjung tinggi-tinggi nilai kejujuran. Kejujuran adalah kebijakan terbaik. Kejujuran merupakan nilai moral yang mencerminkan kualitas diri kita. Untuk itu jaga diri kita agar selalu bersikap jujur dalam keadaan apapun.
Sebagai pengusaha, kita harus menjaga sikap, unsur utama yang harus diperhatikan adalah kita bisa menmuat pelanggan nyaman dan puas. Kepuasan pelanggan adalah kunci utama dari kesuksesan. Saya yakin Anda juga berpendapat seperti itu karena kita tentu pernah menjadi konsumen. Dan jangan lupa kita mengevaluasi bagaimana kinerja kita selama ini. Jadi intinya segera temukan ide-ide cemerlang, rencanakan dengan matang, laksanakan, dan evaluasi setiap kegiatan.
Tidak terlepas dari itu semua, jangan sampai kita lupa akan membuat suatu visi dan tujuan yang jelas. Hal ini dapat menuntun untuk memposisikan kita tetap pada alur yang benar sesuai dengan visi kita. Bertanggung jawab juga menjadi faktor yang harus kita penuhi.
Sebagai seorang wirausahawan yang baik, tidak sepantasnya kita hanya mencari keuntungan hanya karena untuk sukses. Kita cukup sederhana saja, tidak muluk-muluk. Jalani saja apa yang menjadi usaha kita sekarang. Dengan penghasilan yang mencukupi kebutuhan dan dengan kepuasan pelanggan, saya rasa itu sudah cukup dan bisa dikatakan seorang pengusaha yang sukses.
Dari semua hal yang telah saya utarakan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa seorang wirausahan adalah orang yang mau bekerja keras, disiplin, bertanggungjawab, jujur, mempunyai kinerja yang bagus, tepat sasaran, efisien waktu, dan pantang menyerah untuk menggapai tujuan untuk mencetak suatu keadaan yang memungkinkan orang itu hidup layak.
Jadi, jika ada seseorang mengatakan, seorang pengusaha membutuhkan pendidikan yang tinggi, saya menjawab tidak. Jika seseorang beranggapan tidak ada seorang pun yang dilahirkan menjadi seorang wirausahawan, saya akan berpendapat tidak. Jika seseorang mempunyai opini bahwa ide – ide adalah darah kehidupan seorang wirausahawan, dengan bangga saya katakan tentu. Jika seseorang bertanya apakah perencanaan dan pelaksanaan yang matang adalah kunci untuk berinovasi, dengan bangga saya akan menjawab itu harus. Jika seseorang berpikir bahwa jiwa seorang wirausahawan selalu menari kesempatan untuk membuat perbedaan, dengan sependapat saya katakan itu benar, tetapi untuk perubahan yang lebih baik. Jika seseorang berargumen bahwa seorang wirausahawan sejati harus mengambil keuntungan yang tersedia dari berbagai sumber dengan harapan untuk sukses, dengan lantang saya katakan itu tidak harus. Jadi apa pun pendapat orang lain, ambil saja yang positif. Hiraukan segala hal yang mengancam kesuksesan dalam menggapai tujuan kita. Jangan pedulikan apa kata orang. Lanjutkan apa yang telah kita rencanakan, asal kita tetap berjalan pada alur yang benar dan tetap mematuhi norma yang ada. Saya selalu berpegang bahwa “Only God can Judge me”. Prinsip ini menjadi penyemangat buatku.
Hidup di dunia adalah petualangan. Hidup kita tak akan berubah jika kita tak mau berusaha untuk mengubahnya. Hidup tanpa tujuan itu bagaikan layang-layang yang putus dan melayang terombang-ambingkan oleh angin melaju tanpa arah.
Menurutku siapa kita sekarang, di mana kita sekarang, kita menjadi apa sekarang, dan bagaimana keadaan kita sekarang itu tidak penting. Yang terpenting adalah bagaimana kita melangkah untuk menjadi apa kita besok, menjadi siapa kita besok, dan bagaimana keadaan kita besok.
Maka dari itu, marilah kita bangkit dan melakukan apa yang menjadi rencana hidup kita. Let’s do the best for our self.

0 comments:

Post a Comment

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
Free Website Hosting

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More